id
id

UI Raih 2 Juara diajang Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI )XI 2015

Tahun 2015 ini dua tim (Cannayya Annathea dan Delta Team) yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil mewakili UI dalam ajang Kompetisi Jembatan Indonesia XI. Tim Cannayya Annathea yang terdiri dari Annisa Salsabila, Reza Riil, Anies Labibah, dan Christian Antoni mewakili UI dalam KJI kategori Baja Canai Dingin Pejalan Kaki dan Delta Team yang terdiri dari Lucky Satyanegara, Ade Hermawan, Oby Robini, dan Dwi Setiadi mewakili dalam KJI kategori Rangka Baja Jalan Raya. Kompetisi ini diikuti oleh 34 tim yang tergabung dari beberapa kategori, seperti KJI Baja Canai Dingin Pejalan Kaki, Rangka Baja Jalan Raya, Busur Bentang Panjang Pejalan Kaki, dan Bangunan Gedung.

Dua tim ini sebelumnya telah lolos dalam tahapan proposal dan berlanjut untuk mempresentasikan karya mereka yang ada dalam proposal ke hadapan dewan juri dan juga merealisasikan desain jembatannya dalam Final KJI di Universitas Kristen Maranatha. Final presentasi diadakan serempak pada hari Jumat, 20 November 2015. Kemudian dilanjutkan dengan tim Cannayya Annathea melakukan perakitan untuk merealisasikan desain jembatannya pada hari Sabtu, 21 November 2015 dan perakitan desain jembatan Delta Team pada hari Minggu, 22 November 2015. Pembebanan untuk menguji kekuatan jembatan dilakukan pada hari yang sama saat perakitan masing-masing jembatan.

Lalu pengumuman pemenang dilakukan di hari Minggu malam, 22 November 2015 dengan hasil Tim Cannayya Annathea UI (KJI kategori Baja Canai Dingin Pejalan Kaki) berhasil meraih 2 juara, yaitu

  1. Juara Kategori Kesesuaian Implementasi Terhadap Rancangan Terbaik
  2. Juara Kategori Jembatan Terkokoh
  3. Juara 2 Jembatan Baja Canai Dingin Pejalan Kaki

Dalam persiapan #UIforKJI2015 juga dibantu oleh panitia-panitia dan crew yang merupakan bagian dari mahasiswa Departemen Teknik Sipil UI itu sendiri. Dukungan ini juga berkat dosen pembimibing, yaitu Ir. Essy Arijoeni, M.Sc., Ph.D untuk Tim Cannayya Annathea dan Dr. Ing. Ir. Henki Wibowo Ashadi untuk Delta Team. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk tahun-tahun berikutnya. (Kemahasiswaan FTUI)

X