id
id

University of Sydney Australia Kunjungi FTUI Untuk Kolaborasi Perancangan Kota dan Smart City

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI)  menerima kunjungan Kerja dari University of Sydney pada hari Senin, 14 November 2022. Dalam kunjungan ini University of Sydney  diwakili oleh Head of School and Dean, Professor Robyn Dowling BEc (Hons) Sydney; MA, PhD BrCol, External and Professional Engagement Manager; Mr Steven Burns, Senior Country (Indonesia) Sydney Future Student; Mr. Riko Kho.

Dalam sambutan kedua belah pihak, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) maupun University of Sydney mengemukakan bahwa keduanya sangat tertarik untuk membangun maupun mengembangkan kolaborasi dalam bidang akademik.

Prof. Robyn Dowling mengatakan “Saya seorang praktisi perancang kota, saya sangat senang ketika mendengar banyak rekan Universitas Indonesia yang memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang perancang kota dan smart city. Sehingga kedepannya saya akan sangat senang jika University of Sydney dapat berkolaborasi dengan Departemen Arsitektur”.

Sebelum melakukan diskusi kolaborasi kedua belah pihak universitas. Dari pihak FTUI, melakukan beberapa prestasi, seperti mempromosikan departemen arsitektur, Prof. Evawani mempresentasikan hasil riset beliau berkenaan dengan Kampung Cikini, promosi Program Studi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota dan diskusi beberapa dosen arsitektur dengan Prof Robyn, berkenana dengan perancang kota dan smart city.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU berkomentar. “Adapun kolaborasi yang diharapkan kedepannya, dapat bekerjasama dalam program double degree maupun fast track terutama menjadi universitas rekanan departemen arsitektur, terlebih University of Sydney merupakan sekolah arsitektur nomor satu di Australia. Sehingga Mahasiswa arsitektur akan memiliki lebih banyak pilihan universitas rekanan. Selain itu, FTUI juga berharap dapat berkolaborasi dalam program PhD untuk staff tenaga didik FTUI maupun mahasiswa Magister.”

Dan untuk melanjutkan kolaborasi antar Universitas indonesia dan University of Sydney, Prof Robyn berharap ada pertemuan khusus untuk berdiskusi dan membicarakan lebih mendalam berkenaan dengan curriculum mapping program Double Degree maupun Fast Track. Setelah sesi diskusi berakhir, siang hari dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema “Making Cities Smart” bersama Prof. Robyn Dowling.

Rombongan University of Sydney disambut oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., Manajer Pendidikan Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Dr.-Ing. Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni Ir. Dalhar Susanto, Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Ketua Departemen Arsitektur Dr. Ir. Achmad Hery Fuad, M.Eng., Sekretaris Departemen Arsitektur Kristanti Dewi Paramita, S.Ars., M.A., Ph.D., Amilia Novitasari, S.Sos, M.M. selaku Koordinator Urusan Internasionalisasi Pendidikan, Ketua Program Studi Magister Multidisiplin PWK Dr. Ing. Ova Candra Dewi, S.T., M.Sc., Direktur Innovation dan Science Techno Park Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP, Ph.D., Guru Besar Desain Perkotaan  M.Sc., Prof. Ir. Evawani Ellisa, M.Eng., Ph.D., Dosen Departemen Arsitektur Antony Sihombing Ph.d., Guru Besar Arsitektur Prof. Paramita Atmodiwirjo, Dosen Arsitektur Rini Suryantini.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X