COVENT-20, Ventilator Transport Lokal Rendah Biaya Berbasis Sistem Pneumatik yang dikembangkan oleh Tim Ventilator Universitas Indonesia (UI) telah dinyatakan LULUS UJI produk untuk mode CPAP dan ventilasi CMV di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK). Selanjutnya, COVENT-20 dijadwalkan untuk melakukan uji klinik di IMERI UI.

Keunggulan ventilasi multimode COVENT-20 akan sangat membantu para tenaga medis dalam menangani pasien PDP dan pasien positif Covid-19. Mode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) untuk pasien PDP yang biasanya masih sadar, jadi hanya perlu dibantu diberikan oksigen ke paru-paru, dan mode Continuous Mandatory Ventilation (CMV) yang digunakan untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala pneumonia berat yang tidak dapat mengatur pernafasannya, sehingga perlu dikontrol dengan mode CMV.

Selain ventilasi multimode, COVENT-20 memiliki keunggulan biaya produksi yang lebih hemat, compact, portable, hemat energi, serta mudah dioperasikan. Inovasi ventilator karya UI ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan ventilator di rumah sakit seluruh di Indonesia.

#UniversitasIndonesia
#ventilatorui
#ventilatorlokal
#covid19

FacebookTwitter
X