id
id

Workshop Sistem Manajemen Mutu Layanan Administrasi Departemen dan Fakultas

DSC_0583 (990 x 1484)

DSC_0557 (1484 x 990)

Untuk meningkatkan mutu layanan administrasi di FTUI, Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen (P2SM) FTUI mengadakan Workshop Sistem Manajemen Mutu Layanan Administrasi Departemen dan Fakultas. Workshop dilaksanakan pada Senin, 23 Februari 2015 bertempat di Ruang AHM, Gedung Engineering Center FTUI.

Workshop dibuka oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan dimoderatori oleh Ketua P2SM FTUI, Dr. Rahmat Nurcahyo. Workshop ini dihadiri peserta dari seluruh Departemen khususnya yang berkaitan dengan administrasi keuangan, SDM serta akademik. Selain itu diikuti staf administrasi dari Manajer Kemahsiswaan Alumni & Ventura; Umum dan Fasilitas; serta Riset dan Pengabdian Masyarakat. Beberapa Unit Kerja di FTUI juga dilibatkan diantaranya Pusat Dokumentasi, Pusat Komputer serta Engineering Center.

Dalam workshop ini dibahas Pemahaman Standar ISO 9001: 2008, dengan tujuan para peserta pelatihan memiliki pengetahuan berkenaan dengan dasar Sistem Manajemen Mutu berdasarkan standar ISO 9001: 2008 dan mau serta mampu menerapkannya di tempat kerja masing-masing.

Workshop ini merupakan langkah awal dari penerapan Sistem Manajemen Mutu di seluruh Departemen serta Fakultas dengan fokus pada Layanan Administrasi. Tahapan selanjutnya setelah workshop ini adalah workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu,Pembuatan Model Proses Bisnis, Pembuatan Sasaran Mutu, pelaksanaan Internal Audit Mutu, workshop Konsep Pengukuran Kepuasan Pelanggan; dan Konsep Penanganan Keluhan Pelanggan.

Penerapan Sistem Manajemen Mutu Layanan Administrasi Departemen dan Fakultas ini merupakan langkah lanjutan dimana sebelumnya Pusat Administrasi Fakultas (PAF) FTUI telah menjalankan Sistem Manajemen Mutu dan memperolah sertifikasi ISO 9001: 2008. Departemen yang telah menjalankan Sistem Manajemen Mutu adalah Departemen Teknik Mesin (DTM) sedangkan Departemen Teknik Elektro (DTE) sedang menjalankan proses pembuatan dokumen Sistem Manajemen Mutu .

Tujuan implementasi Sistem Manajemen Mutu Layanan Administrasi Departemen dan Fakultas adalah meningkatkan pelayanan mutu layanan administrasi, baik pelayanan bagi dosen, mahasiswa maupun bagi karyawan FTUI sendiri.

Selain Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008, Pimpinan FTUI melalui P2SM berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh civitas akademika FTUI dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Lab SNI ISO/IEC 17025:2008 dan menjadikan FTUI sebagai pelopor Fakultas yang terakreditasi internasional di lingkungan Universitas Indonesia. (Humas FT)

X