Sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu layanan, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan Pelatihan Service Excellence yang dipandu oleh pakar komunikasi publik, Reska Herlambang. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali staf FTUI, terutama yang berada di fontliner dengan keterampilan komunikasi dan pelayanan publik yang prima dalam menghadapi berbagai situasi, terutama dalam pelayanan kepada mahasiswa, dosen, dan pihak eksternal.
Diselenggarakan di Makara 04 Smart Meeting Room, Gedung Dekanat Lantai 1, pelatihan ini dibuka oleh Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan, “Sebenarnya sudah lama kita mencanangkan Pelatihan ini, sebagai upaya FTUI untuk meningkatkan pelayanannya, terutama yang berhubungan dengan publik. Pelatihan ini khusus dirancang untuk staf fontliner FTUI, terutama bagian sekretaris yang hampir setiap hari menghadapi costumer kita. FTUI sebagai lembaga institusi pendidikan tidak hanya bergerak di bidang pendidikan namun juga di bidang pelayanan pendidikan memberikan pelayanan kepada stakeholder kita, jadi kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka.”
“Sebagai front-liner, kita harus selalu siap melayani karena kualitas pelayanan kita sangat memengaruhi kepuasan customer. Ketika customer puas, tingkat keluhan akan menurun, dan kepuasan mereka akan tersebar luas. Perlu diingat, word of mouth masih menjadi strategi pemasaran paling efektif, bahkan lebih kuat daripada menggunakan brand ambassador. Dalam bisnis pendidikan, kekuatan word of mouth sangat penting untuk membangun reputasi dan kepercayaan. Oleh karena itu, pelayanan yang kita berikan harus selalu berorientasi pada kepuasan customer, “ ungkap Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. Selaku Staf Ahli Dekan Bidang Komunikasi Publik dan Administrasi Umum.
Di kesempatan terpisah, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, Dekan FTUI, menyampaikan, ”Service excellence adalah aspek penting dari setiap institusi yang sukses. Melalui pelatihan ini, kami berupaya membangun budaya perbaikan berkelanjutan dalam melayani mahasiswa, dosen, dan mitra kami. Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kualitas layanan, FTUI dapat menciptakan lingkungan yang lebih mendukung, efisien, dan inspiratif bagi semua pihak yang terlibat. Inisiatif ini mencerminkan komitmen kami untuk tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui ekspektasi dalam memberikan layanan terbaik di setiap tingkat.”
Pelatihan Service Excellence ini diselenggarakan oleh Unit Komunikasi Publik dan Administrasi Umum serta diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari tiap unit kerja dan departemen di lingkungan FTUI. Selain itu, pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu Kelas Teori dan Kelas Praktik (role play). Materi yang disampaikan berkaitan dengan pilar service excellence, mengetahui karakteristik pelanggan, costumer handling, dan komunikasi efektif. Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Service Excellent diharapkan para peserta mampu menerapkan ilmu yang didapat untuk menciptakan pelayanan yang responsif, profesional, dan berorientasi pada kepuasan pengguna layanan.
***
Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia