id
id

Mahasiswa FTUI Tawarkan Inovasi Bantu ShopBack Pertahankan Bisnisnya

Tim Cakrawala yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) memberikan solusi inovasi untuk meningkatkan Customer Experience (CX) pengguna aplikasi ShopBack. Berkat inovasinya, tim berhasil meraih Juara Pertama dalam International Business Solution Competition 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran dan ShopBack. Tim tersebut terdiri dari Alvin Filipi (Teknik Elektro 2019) dan Evelyn Velencia Febita (Teknik Biomedik 2020).

Akuisisi dan inovasi adalah pendorong utama pertumbuhan ShopBack dalam 8 tahun terakhir. Saat dunia mulai pulih dari pandemi COVID-19, terlihat jelas bahwa periode lockdown telah mengubah pelanggan menjadi lebih terdigitalisasi, mengubah perilaku konsumen di tahun-tahun mendatang. Perilaku pelanggan baru ini menjangkau semua bidang kehidupan, terutama perilaku berbelanja. Menurut Google, Bain, dan Temasek, nilai pasar sektor e-commerce Indonesia ditargetkan mencapai 83 miliar dolar pada tahun 2025.

“Data ini memperlihatkan bahwa Indonesia akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Saat bisnis di seluruh dunia bergerak untuk memperdalam transformasi digital mereka, pengalaman pelanggan (CX) terus berkembang dan perlu diprioritaskan. Maka, diperlukan inovasi dalam membantu ShopBack mempertahankan bisnisnya. Untuk itu, kami berusaha memberikan solusi berupa tiga pilar, yaitu Branding Experience, Product Experience, dan Service Experience.” ujar Evelyn.

Tiga pilar solusi yang diberikan Tim Cakrawala, yaitu pertama, Branding Experience adalah upaya dalam mengembangkan company jingle yang emosional guna membangun hubungan dengan pengguna secara jangka panjang. Kedua, Product Experience adalah upaya mengembangkan tailor-made produk dan fitur baru di dalam aplikasi ShopBack, seperti Instant cashback redemption, ShopBack loyalty program, ShopBack affiliator, dan menambah lini produk yang ditawarkan. Ketiga, Customer Experience adalah upaya dalam membuat sistem operasional yang baru untuk Customer Service dengan KPI yang berbasis SMART serta mengembangkan dashboard monitoring bagi Customer Service yang bernama ShopBack Connect. Solusi-solusi yang ditawarkan dapat meningkatkan ROI dari ShopBack sebesar 7% dan IRR sebesar 229%.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., menyampaikan apresiasinya atas raihan juara mahasiswa FTUI ini. “Tiga pilar inovasi yang diusulkan bagi perkembangan dan bertahannya aplikasi ShopBack membuktikan bahwa mahasiswa FTUI adalah mahasiswa yang unggul dan berdampak bagi sekitarnya. Semoga solusi ini dapat memberikan kebermanfaatan bagu perkembangan aplikasi ShopBack.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X