Dony Hidayat, mahasiswa program doktor Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI (FTUI), berhasil menyelesaikan studinya dengan IPK 4.00, predikat Cumlaude dan tercatat sebagai Doktor ke-112 dari Departemen Teknik Mesin serta Doktor ke-572 pada sidang terbuka promosi doktor di FTUI pada Kamis (14/11).
“Dalam era modern, kebutuhan akan struktur yang aman dan efisien semakin meningkat, khususnya pada industri transportasi seperti otomotif, kereta api, dan penerbangan. Struktur berdinding tipis, terutama yang berbasis polimer, telah menjadi salah satu solusi inovatif untuk menyerap energi saat terjadi benturan,” jelas Dony dalam paparannya.
Dony mengembangkan dan mengoptimalkannya dalam disertasinya yang berjudul “Pengembangan Tabung Polimer Multi-Sel Berdinding Tipis Sebagai Struktur Penyerap Energi Benturan”. Pada penelitian ini, Dony menggunakan pendekatan eksperimental dan numerik. Tabung multi-sel berbahan polimer seperti PLA, nilon, dan kayu dicetak menggunakan teknologi 3D printing. Berbagai konfigurasi bentuk sel seperti silang (cross), sama dengan (equal), dan tidak sama (inequal) diuji untuk mengevaluasi parameter crashworthiness, seperti Specific Energy Absorption (SEA) dan Crush Force Efficiency (CFE).
“Metode optimisasi Taguchi dan ANOVA digunakan untuk mengevaluasi pengaruh parameter pencetakan (ketebalan dinding, suhu, kecepatan pencetakan) terhadap kinerja tabung. Perlakuan panas dan pelapisan resin juga diaplikasikan untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuan struktur,” jelas Dony.
Hasil dari penelitian yang Dony lakukan menunjukkan bahwa material filamen dan bentuk multi-sel memiliki pengaruh signifikan terhadap SEA dan CFE. Desain penelitian Taguchi dan ANOVA berhasil mengoptimalkan nilai SEA dan CFE, dan mengidentifikasi faktorfaktor dominan dalam kinerja kelaiktabrakan. Perlakuan panas meningkatkan performa tabung multi-sel berdinding tipis 3D-printed secara signifikan. Parameter perlakuan panas optimal ditentukan dengan menggunakan metode Taguchi dan Anova. Studi ini mengidentifikasi prospek baru untuk meningkatkan struktur multi-sel berdinding tipis dengan kemampuan penyerapan energi yang lebih tinggi. Perbaikan ini berpotensi meningkatkan keselamatan penumpang dan memperkuat infrastruktur transportasi.
“Penelitian ini membuka peluang baru dalam pengembangan komponen penyerap energi yang lebih ringan dan efisien untuk kendaraan dan infrastruktur transportasi. Struktur ini memiliki potensi untuk meningkatkan keselamatan penumpang dan mengurangi dampak kerusakan dalam kecelakaan.” tutur Dony.
Hasil penelitian dipresentasikan dalam sidang terbuka promosi doktor yang dipimpin oleh Prof. Dr. Kemas Ridwan Kurniawan, S.T., M.Sc., sebagai Ketua Sidang, dengan Prof. Dr. Ir. R. Danardono Agus Sumarsono, DEA., PE., sebagai promotor, serta Jos Istiyanto, S.T., M.T., Ph.D. dan Farohaji Kurniawan S.T., M.Eng., Ph.D., sebagai ko-promotor. Tim penguji terdiri dari Prof. Ir. Jamasri, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, S.T., M.T., M.Eng., Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng., Prof. Dr. Ir. Wahyu Nirbito, MSME., dan Dr.-Ing. Ridho Irwansyah, S.T., M.T.
***
Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia