id
id

Usulkan Empat Strategi Pengembangan Aplikasi Blu dari BCA Digital, Tiga Mahasiswa FTUI Juara Kompetisi Bisnis Nasional

Tiga orang mahasiswa mahasiswa Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) angkatan 2020 meraih Juara Ketiga pada National Business Competition (NBU) TSM Economic Days 2022. Ruth Vanesa Hutagalung, Fatimah Az-Zahra Qorib, dan Alexander Farrel yang tergabung dalam tim Agatha FTUI, menyajikan strategi pengembangan aplikasi Blu dari BCA Digital pada kompetisi bisnis tersebut.

National Business Competition (NBC) merupakan salah satu kompetisi bisnis bergengsi di Indonesia berskala nasional dan termasuk bagian dari rangkaian acara TSM Economic Days 2022 yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Trisakti School of Management. Pada kompetisi ini, para peserta dinilai berdasarkan tiga poin penilaian, strategi terbaik, kerja sama tim, dan pengetahuan tim di bidang ekonomi, baik teori maupun kemampuan berkomunikasi.

Tahun ini pada kompetisi NBC, para peserta dihadapkan pada studi kasus aplikasi Blu dari BCA Digital. Setiap tim peserta diminta memberikan solusi dari dua pertanyaan utama, cara yang dapat Blu lakukan agar menjadi bank digital utama pilihan mahasiswa di seluruh Indonesia, dan rencana jangka pendek, menengah, dan panjang yang harus dilakukan Blu sebagai pelaku usaha bank digital, termasuk strategi bisnis, pemasaran produk, fitur yang seharusnya ditambahkan ke dalam aplikasi Blu agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

“Berdasarkan pertanyaan yang diberikan panitia, kami dari tim Agatha menawarkan empat solusi: mengintegrasikan penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Strategi Pemasaran, meningkatkan kolaborasi dengan mahasiswa dan stakeholder terkait, meningkatkan digital marketing melalui sosial media, dan melakukan pengembangan produk pada aplikasi Blu by BCA Digital. Tentunya solusi-solusi tersebut harus diperhitungkan bersama dengan risiko dan penjadwalan yang realistis,” kata Ruth, ketua tim Agatha.

Tim Agatha mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh Blu dari BCA Digital merupakan permasalahan dalam meningkatkan eksistensi Blu terhadap mahasiswa serta rencana dalam menyusun strategi bisnis Blu sebagai pelaku usaha digital. Selain empat strategi sebelumnya, tim Agatha juga menyarankan Blu melakukan strategi marketing yang melibatkan pihak lain, seperti influencer dan pihak eksternal lainnya untuk memperluas pangsa pasar.

“Kami juga melakukan analisis risiko dari strategi yang kami usulkan. Dari hasil analisis itu didapatkan dua risiko yang mungkin terjadi, yaitu risiko terjadinya target audience dari influencer dan content creator tidak sesuai dengan target pasar dari Blu dan berakibat pada penjualan yang tidak meningkat. Solusi untuk memitigasi risiko tersebut secara berurutan, yaitu melakukan riset terhadap content creator dan influencer yang ingin diajak berkolaborasi serta melakukan riset lebih mendalam sebelum melakukan inovasi produk baru terhadap target pasar,” lanjut Alex.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng, IPU mengungkapkan, “Semoga startegi dan ide yang disusun oleh para mahasiswa kami dapat membantu perkembangan bisnis Blu dari BCA Digital dan bisa digunakan dan lebih dikembangkan kembali dalam pematangan solusi perbankan kedepannya. Dengan kompetisi ini, saya juga berharap agar para mahasiswa yang berpartisipasi dapat mengasah dan mengembangkan pola piker dan kemampuannya untuk menghadapi tantangan dunia digital dalam berbagai sektor kedepannya.”

Lomba yang diadakan dari 16 April 2022–8 Juli 2022 ini bertujuan untuk membantu, memfasilitasi, dan memberikan ruang untuk mahasiswa mengembangkan pola pikir dan kemampuannya terkait elemen ilmu ekonomi, yakni akuntansi dan manajemen yang kemudian dikemas menjadi sebuah kompetisi.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X