id
id

CARPOxEntrepreneurship Festival: Mempersiapkan Entrepreneur FTUI Unggul Berdampak

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan Entrepreneurship Festival bersamaan dengan Pembinaan Lanjut Masa Bimbingan FTUI 2022 bertajuk “Campus as a Preparation and Career Opportunities for the Future (CARPO)” pada Sabtu, 29 Oktober 2022 di Balairung Universitas Indonesia.

Entrepreneurship Festival menjadi ajang pengenalan kegiatan inovasi dan kewirausahaan yang ada dan dikembangkan di lingkungan FTUI, terutama bagi mahasiswa baru FTUI angkatan 2022. Rangkaian acara Entrepreneurship Festival sendiri terdiri dari Talkshow Mahasiswa dan Alumni, Mentoring dan Bootcamp, Public Lecture, serta Entrepreneurship Booth.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir, B.A., M.B.A., menyampaikan “Di sini demografi kita berada pada puncak produktivitas, dimana angkatan kerja produktif mendominasi jumlah populasi serta memegang kendali atas arah keberhasilan bangsa kita ke depan. Maka tidak boleh kita lalai dan mengabaikan perjuangan sejak hari ini. Sebagaimana rekan-rekan mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Indonesia sejak hari ini dan sejak di kampus inilah, perjuangan kalian dalam belajar berkarya dan berusaha memperhitungkan pertumbuhan kualitas diri keluarga, dan tentunya Indonesia.”

Sejalan dengan materi sambutan yang disampaikan oleh Menteri BUMN RI, sesi Talkshow Mahasiswa dan Alumni juga membahas persiapan memasuki kehidupan pasca kampus sebagai wirausaha bahkan sejak masih di bangku kuliah. Sesi Talkshow Mahasiswa dan Alumni kali ini dihadiri oleh Yolla Miranda (Teknik Kimia 2013 dan CEO MaskIt), Alif Hikmah Fikri (Teknik Perkapalan 2016 dan CEO Inventing), dan Juan Khosashi (Teknik Kimia 2019 dan CEO Albatros) yang berbagi cerita perjuangan mereka dalam merintis usaha sejak mahasiswa sampai menjadi wirausaha penuh waktu.

Selain itu, mahasiswa baru FTUI angkatan 2022 juga mengikuti sesi Mentoring dan Bootcamp pada Entrepreneurship Festival kali ini. Dalam sesi bootcamp, mahasiswa FTUI berkesempatan untuk berkunjung dan berdiskusi langsung dengan perwakilan bisnis rintisan (startup) dan UMKM yang turut serta memeriahkan 20 booth Entrepreneurship Festival. Kegiatan Mentoring dan Bootcamp ini diharapakan mampu mendorong penguatan inovasi dan entrepreneurship keteknikan di lingkungan FTUI.

Komisaris Utama Telkomsel dan Tokopedia, Wishnutama Kusubandio, dalam sesi Kuliah Umumnya berpesan “Inovasi butuh keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan segala sesuatu di luar yang pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Inovasi juga butuh keberanian untuk mencoba tanpa takut gagal dan belajar dari kegagalan yang kita alami. Di saat teman-teman mahasiswa FTUI sedang berkuliah inilah kesempatan terbesar untuk mengembangkan kemampuan sekaligus menambah relasi dengan calon pemimpinn masa depan lainnya. Semoga kalian mahasiswa FTUI termasuk orang-orang yang selalu memilih untuk terus melakukan terobosan dan berinovasi sehingga mampu beradaptasi dengan segala tantangan dan memberikan jawaban atas permasalahan yang ada di era disrupsi digital ini.“

Kegiatan CARPOxEntrepreneurship Festival diselenggarakan oleh FTUI bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Ikatan Kemahasiswaan FTUI 2022.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X