id
id

Mahasiswa FT UI Meraih Predikat Mahasiswa Terbaik Rumpun Saintek di Mapres UI 2023

David Fernando Aritonang, mahasiswa Departemen Teknik Metalurgi dan Material yang mewakili Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat UI berhasil penghargaan terbaik pada Rumpun Sains Teknologi Terbaik. Pemberian penghargaan Pilmapres ini dilaksanakan pada Senin (10/04) di Balai Sidang, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Sementara pada dua rumpun ilmu lainnya, finalis pada Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik berhasil diraih oleh Shakira Amirah (FK) dan finalis pada Rumpun Sosial Humaniora Terbaik diraih oleh Allysa Natalie Hartono (FISIP). Sementara penghargaan untuk empat kategori lainnya, yakni kategori Karakter Terbaik dimenangkan oleh Jasmine Ainal Muthia (Fasilkom), kategori Bahasa Inggris Terbaik dimenangkan oleh Najaa Aaliyah Santoso (FEB), dan kategori Capaian Unggulan Terbaik serta kategori Makalah dan Presentasi Terbaik diborong oleh Shakira Amirah (FK).

Pada puncak acara, gelar Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2023 Program Sarjana kemudian dimenangkan oleh Shakira Amirah (FK) sebagai juara 1, Allysa Natalie Hartono (FISIP) sebagai juara 2, dan Fiqi Adam Pamungkas (FPsi) sebagai Juara 3. Sementara itu, Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2023 Program Vokasi berhasil diraih oleh Putri Anindya Ravinta.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, serta dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Badrul Munir, Ph.D. serta para Kasubdit Direktorat Kemahasiswaan UI.

Sebelumnya, para finalis mahasiswa berprestasi telah melalui proses seleksi yang panjang pada tingkat fakultas. Kemudian pada tingkat universitas, proses seleksi kembali dilakukan dengan mengukur gagasan kreatif/produk inovatif, kemampuan Bahasa Inggris, capaian unggulan dan CV, serta tes psikologi.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini, terdiri atas dewan juri antara lain: Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc, M.M., Dr. Untung Yuwono., Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana, S.S., M.Si., serta Prof. drg. Risqa Rina Darwita, Ph.D.,untuk Juri Makalah. Selain itu, Dra. Sitaresmi, M.Sc., Djauhari Jatus Sulichah, S.S., M.Sc., serta Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. untuk Juri Bahasa Inggris.

Sementara penilaian terhadap CV seluruh peserta dilakukan oleh Dr. Teguh Kurniawan, S.Sos, M.Sc., Badrul Munir, Ph.D., Dr.Eng. Radon Dhelika., serta Silvia Surini, M.Pharm.Sc., Apt., Ph.D. Adapun Juri Psikotest antara lain Farida Kurniawati, S.Psi., M.Sp.Ed.,Ph.D., Psikolog., Nathanael Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Psikolog serta Dra. Yudiana Ratna Sari,. M.Si., Psikolog.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan apresiasinya terhadap penghargaan yang berhasil diraih. “Selamat untuk David atas peraihan penghargaan sebagai finalis pada Rumpun Sains dan Teknologi Terbaik. Selamat juga kepada juara Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2023 serta kepada finalis-finalis penghargaan lainnya. Para finalis dari 14 fakultas ini merupakan mahasiswa-mahasiswa terbaik UI yang semoga senantiasa dapat terus memberikan dampak yang unggul bagi universitas maupun masyarakat luas”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X