id
id

Salat Jumat Pertama di Lingkungan FTUI Pasca Pandemi COVID-19

Setelah dua tahun vakum, FTUI kembali melaksanakan salat Jumat di lobi Gedung K FTUI lantai 1 pada tanggal 5 Agustus 2022. Kegiatan ini terlaksana setelah selama pandemi COVID-19 kegiatan salat Jumat bersama di FTUI ditiadakan karena diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Adapun yang menjadi khatib adalah Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Muhammad Husain (Teknik Metalurgi dan Material 2019) bertindak sebagai imam salat dan Ibadurrohman Musthofa (Arsitektur 2020) sebagai muazin dan bilal.

Dr. Dani, selaku khatib, menyampaikan ceramah tentang adab dalam menuntut ilmu, yaitu bersabar. Ditemui setelah salat Jumat beliau menyampaikan, “Salat Jumat bersama FTUI merupakan ciri khas Fakultas Teknik UI yang sangat dirindukan oleh dosen, mahasiswa maupun karyawan. Saat pertama kali diminta oleh DKM-FTUI untuk menjadi khatib, saya merasa tertantang. Semoga ke depannya,  khatib dapat digilir antara dosen dan ustad.”

Kegiatan salat Jumat ini disambut positif oleh para warga FTUI. Dr. Jos Istiyanto selaku dosen Teknik Mesin FTUI menyatakan sempat kaget karena ada kegiatan ini. Namun beliau juga merasa senang karena lebih dekat dengan lokasi ibadah Jumat. Taki, Mahasiswa Teknik Komputer 2020, menyatakan bahwa dia pertama kalinya ke FTUI setelah sebelumnya kuliah online dan menurutnya salat Jumat di lobi Gedung K FTUI ini cukup nyaman dan kondusif. Sementara Irfan, mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material 2019, juga merasa senang karena lokasi salat Jumat menjadi lebih ringan dan dekat dibandingkan harus ke luar lingkungan FTUI. Saiful, Office Boy menyatakan senang dapat salat Jumat di FTUI karena dapat berkumpul kembali bersama para mahasiswa, dosen, dan karyawan FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X