id
id

Sambut Mahasiswa Baru FTUI 2022 Unggul Berdampak, FTUI Laksanakan PSAF Luring

Pada hari Kamis (18/08), Fakultas Teknik UI kembali melaksanakan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) secara luring setelah 2 tahun sebelumnya terlaksana secara daring dikarenakan pandemi. Kegiatan PSAF diperuntukan mahasiswa baru program Sarjana dan Pascasarjana. PSAF Sarjana dan Pascasarjana dilakukan dalam rangkaian acara satu hari dan bertempat di Balairung Universitas Indonesia. Pada sesi pagi, dilaksanakan PSAF untuk program Sarjana (Reguler, Paralel, dan Internasional). Kemudian pada sesi siang dilanjutkan dengan PSAF untuk program Pascasarjana (Magister, Doktor, dan Profesi).

Kegiatan PSAF dibuka dengan video induksi keselamatan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. dan perkenalan manajemen fakultas dan departemen FTUI periode 2022-2026.

Dalam sambutannya, Prof. Heri menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa baru program Sarjana dan Pascasarjana. “Kalian merupakan mahasiswa-mahasiswa yang unggul. Selain menjadi mahasiswa yang unggul, kami berharap kalian menjadi alumni yang unggul dan berdampak bagi Indonesia. Dalam empat tahun ke depan, kalian akan berproses menjadi mahasiswa, dalam bidang pendidikan, akademik dan non akademik. Kami berharap kalian menjadi mahasiswa FTUI yang unggul,” kata Prof. Heri.

Selepas sambutan dan perkenalan, ditampilkan video doodly perjalanan yang akan ditempuh oleh mahasiswa mulai dari awal perkuliahan hingga kelulusan. Acara selanjutnya adalah Talkshow yang dimoderatori oleh Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC. selaku Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan.

Ada 3 tema utama yang diusung dalam Talkshow PSAF 2022, yang pertama mengenai bidang kemahasiswaan yang dibawakan oleh Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T. selaku Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Tema kedua adalah mengenai riset dan penelitian yang dibawakan oleh Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr. selaku Manajer Pendidikan. Terakhir, tema ketiga mengenai peluang-peluang pendidikan internasional yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. selaku Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan.

Pelaksanaan PSAF tabun 2022 secara luring ini disambut dengan antusias oleh mahasiswa-mahasiswa baru. FTUI terhitung menerima 2203 mahasiswa baru yang terdiri dari 1578 mahasiswa program Sarjana dan 625 mahasiswa program Pascasarjana pada tahun ajaran 2022/2023 ini.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X