Jumat, 28 Juni 2019. Tim Kanigara Banu yang terdiri dari lima mahasiswa program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UI kembali mengharumkan nama bangsa di kancah kompetisi internasional dengan menjuarai CIOB Global Student Challenge 2019 di Edinburgh, Skotlandia. Tim yang terdiri dari Sutan Akbar Onggar Siahaan, Aflah Alamsah Dani, Lucky Situmorang, dan Prasetya Jodhi; dibawah bimbingan Mohammed Ali Berawi, Ph.D berhasil mengalahkan 39 tim lainnya dari berbagai negara.

Kompetisi CIOB Global Student Challenge ini merupakan kompetisi simulasi strategi bisnis, di mana setiap tim yang bertanding melakukan pengambilan keputusan pada pengembangan investasi untuk pembangunan proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur. Pada tiap babak pertandingan, tiap tim berkompetisi untuk menghasilkan arah kebijakan dan keputusan perusahaan berdasarkan pertimbangan bisnis dan ekonomi, sumber daya, dan operasional proyek. Semua keputusan yang diambil akan mempengaruhi investasi dan keberlanjutan proyek yang menjadi perhitungan nilai kompetisi.

Tahun ini, 39 tim dari berbagai universitas dunia bertanding selama hampir dua bulan untuk menyelesaikan simulasi berbagai kasus proyek. Akhirnya, 6 finalis pemenang babak penyisihan terpilih untuk memperebutkan gelar juara dunia. Sejak awal kompetisi, simulasi bisnis yang dilakukan berupa kompetisi antara sesame peserta lomba maupun tim artificial intelligent (AI). “Hal ini sangat menarik, kaerna kami menemukan bahwa bertanding melawan AI dan melawan tim lain memerlukan strategi bisnis yang berbeda-beda. Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan terus melaju dari babak penyisihan hinggal menjadi 6 finalis terakhir dan akhirnya menjuarai kompetisi ini”, ungkap Sutan selaku ketua tim mahasiswa.

Dosen pendamping, Muhammad Ali Berawi, Ph.D menyatakan bahwa ketekunan, konsistensi, kerja keras dan semangat untuk dapat menjadi yang terbaik menjadi pemacu para mahasiswa FT UI untuk memenangi kompetisi. “Sejak awal kompetisi sampai final, tim berhasil mengambil keputusan bisnis yang sangat baik untuk kinerja investasi, sumber daya dan operasional proyek dengan menerapkan berbagai strategi dan langkah taktis yang tepat sesuai perkembangan dinamika pembangunan proyek”, lanjut Ali.

Dengan menjuarai kompetisi ini  maka kemampuan dan kompetensi mahasiswa di FT UI dinilai mampu bersaing di dunia internasional. Diharapkan kedepannya dapat terus meningkatkan kemampuan untuk bersaing di dunia internasional sebagai bentuk perwujudan Indonesia negara unggul dan maju.

Chartered Institute of Building (CIOB) merupakan organisasi profesi manajemen konstruksi terbesar di dunia. Selain tim Kanigara Banu dari FT UI yang mewakili Indonesia, tim lain yang lolos menjadi finalis adalah: KLMN Construction Group (George Brown College, Kanada), Resilient Construction (Glasgow Caledonian University, Inggris), Toomer Oaks Construction (Auburn University, Amerika), Hotpot Crew (Chongqing University, China) dan Design & CurStruct (Curtin University, Australia). (Humas FT).

FacebookTwitter
X