Program Profesi Insinyur

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

LATAR BELAKANG
Program profesi insinyur merupakan salah satu dari tujuh bidang keprofesian yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/U/1993, Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Dikti, Perpres No.8 tahun 2012 tentang KKNI, Undang-Undang nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran serta Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang SNDIKTI. Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran.

Dengan adanya pendidikan profesi insinyur, diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan pada bidang teknologi, industri dan infrastruktur di Indonesia. Selain itu karena Persatuan Insinyur Indonesia (PII) juga telah menjadi anggota organisasi keinsinyuran tingkat dunia seperti World Federation of Engineering Organizations (WFEO) dan ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan global serta melahirkan insinyur yang memiliki kompetensi dan dapat bersaing dengan insinyur dari negara lain di dunia.

Dalam ketentuan itu, para calon peserta program yang merupakan lulusan pendidikan S1 bidang Teknik. Pelaku dalam bidang-bidang keprofesian tersebut memerlukan pendidikan tambahan setelah menyelesaikan pendidikan kesarjanaan. Pendidikan Profesi Insinyur merupakan kelanjutan dari pendidikan strata-1 (S1) yang telah berjalan selama ini, dimana lulusannya memiliki kemampuan akademik, yakni berpikir kritikal (analitik dan sintetik) dan kemampuan perancangan kreatif.

SASARAN
Sasaran dari pembukaan Program Profesi Insinyur adalah untuk merealisasikan kebutuhan akan lulusan dengan kompetensi “Insinyur” sesuai dengan amanat Undang-undang Keinsinyuran.

TUJUAN
Penyelenggaraan Program Profesi Insinyur bertujuan untuk menghasilkan insinyur sebagai berikut:

  • Menguasai kode etik dan tatalaku insinyur;
  • Menguasai keterampilan teknis keinsinyuran termasuk layanan konsultasi, pembuatan pra-rancangan, proses perijinan, pengembangan rancangan serta penyelesaian berbagai dokumen teknis dan tender;
  • Menguasai kode kesesuaian (code of compliances) baik itu menyangkut pelayanan terhadap klien, kesesuaian terhadap peraturan, dan masalah keteknikan seperti misalnya yang terkait dengan konstruksi bangunan, mekanikal dan elektrikal.

KARAKTERISTIK
Program Studi Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Keberadaan Program Profesi Insinyur merupakan syarat untuk mendapat sebutan Insinyur dan juga syarat untuk pengajuan permohonan mendapatkan sertifikasi profesi. Pendidikan profesi insinyur merupakan kelanjutan dari pendidikan strata-1 (S1) yang telah berjalan selama ini, dimana lulusannya memiliki kemampuan akademik, yakni berpikir kritikal (analitik dan sintetik) dan kemampuan perancangan kreatif. Pendidikan strata-1 (S1) berlangsung dalam 4 tahun (8 semester) dengan beban 144 sks. Untuk melengkapi kualifikasi lulusan untuk menyandang sebutan Insinyur, perlu dilanjutkan dengan pendidikan profesi selama minimum 1 tahun dengan beban 24 sks. Komposisi dari struktur kurikulum pada Program Profesi Insinyur terdiri dari 84% kegiatan praktek keinsinyuran termasuk praktek magang di industri, studi kasus, dan pemecahan masalah, dan 16% berupa perkuliahan tatap muka di kelas.

BEBAN STUDI
Pendidikan strata-1 (S1) berlangsung dalam 4 tahun (8 semester) dengan beban 144 sks. Untuk melengkapi kualifikasi lulusan untuk menyandang sebutan Insinyur, perlu dilanjutkan dengan pendidikan profesi selama minimum 1 tahun dengan beban 24 sks. Beban studi Program Profesi Insinyur sebanyak 24 SKS dijadwalkan untuk ditempuh dalam waktu dua semester dan selama-lamanya empat semester. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Insinyur (Ir.).

REGISTRASI INSINYUR
Selanjutnya dalam Permen RistekDikti tersebut juga ditegaskan bahwa Program Profesi Insinyur merupakan program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Peserta yang telah dinyatakan lulus Program Studi Program Profesi Insinyur memperoleh Sertifikat Profesi Insinyur dari Perguruan Tinggi dan berhak menggunakan gelar profesi keinsinyuran disingkat “Ir”.
Seseorang yang telah memiliki Sertifikat Profesi Insinyur dapat mengikuti Uji Kompetensi Insinyur Profesional yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi.Insinyur yang telah lulus Uji Kompetensi Insinyur Profesional akan memperoleh Sertifikat Kompetensi sebagai insinyur profesional. Sertifikat Kompetensi adalah dokumen pengakuan kompetensi untuk melakukan praktik. keinsinyuran merupakan syarat untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi Insinyur yang diterbitkan oleh PII.

JALUR PENERIMAAN
 Penerimaan melalui jalur SIMAK UI dilakukan secara Online melalui:  http://penerimaan.ui.ac.id

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Kantor Humas & Protokol Fakultas Teknik UI
Gedung GK, lantai I, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kampus UI Depok
Phone: +62-21-78888430, 7863311, 78888076 ext 118
Fax: +62-21-78888076
email: humas@eng.ui.ac.id or humas.ftui @ gmail.com
FB: @engineering.ui
Twitter: @humasftui