id
id

Tertibkan Tata Persuratan, FTUI Selenggarakan Pelatihan Andieni

Andieni (Aplikasi Naskah Dinas Elektornik Universitas Indonesia) merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan memudahkan penciptaan naskah dinas (nota dinas dan surat dinas) serta memanfaatkan teknologi informasi sejak penyusunan draft, persetujuan atasan, pengesahan dengan tanda tangan digital, serta distribusi ke tujuan naskah secara elektronik.

Fakultas Teknik Universitas Indonesia berkomitmen meningkatkan mutu pelaksanaan program tata tertib persuratan dengan regulasi yang berlaku. Untuk meningkatkan kompetensi penyelenggaraan persuratan dan kearsipan, khususnya bagi para sekretaris dan administrasi departemen yang menangani persuratan dan kearsipan. Oleh karena itu unit dibawah Manajer Publikasi dan Administrasi Umum yaitu Pusat Dokumentasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia bekerja sama dengan Arsip Universitas Indonesia menyelenggarakan pelatihan mengenai teknis tata naskah persuratan melalui sistem elektronik yaitu “Pelatihan Andieni” yang dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Maret 2022 secara online melalui media zoom meeting.

Acara pelatihan Andieni ini dibuka oleh Ibu Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR selaku Manajer Publikasi dan Administrasi Umum Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan dihadiri oleh dua pembicara yaitu Ibu Rian Windarsih S.Hum dan Yogie Heru Marsetio dari tim Arsip Universitas Indonesia, dan diikuti oleh 26 orang sekretaris dan staff administrasi departemen yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Dalam penerapan naskah dinas elektronik ada satu proses perubahan budaya kerja dari pengurusan naskah (surat) dalam bentuk tercetak menjadi ke bentuk elektronik. Dan perubahan proses kerja yang semula melihat surat yang diterima menjadi proses kerja secara digital dengan melihat surat di gawai atau komputer. Pelatihan Andieni ini diharapkan dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan persuratan dan arsip serta mampu menghadirkan sebuah solusi nyata bagi peningkatan kinerja dan produktifitas dalam administrasi persuratan khususnya dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X