id
id

Kunjungan FT Universitas Udayana FTUI: Meninjau Inovasi dan Kolaborasi Interdisiplin Teknik

Dalam sebuah upaya untuk memperluas wawasan dan mendukung kolaborasi interdisiplin dalam bidang teknik, Fakultas Teknik Universitas Udayana melaksanakan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) pada Jumat (10/11). Rombongan FT Universitas Udayana dipimpin oleh  Prof. Ir. I Nyoman Budiarsa, M.T., Ph.D., IPU. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Universitas Udayana dan diterima langsung oleh Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FTUI.

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan utama untuk memperoleh informasi terkait tiga unit baru FTUI, Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan terutama untuk prodi interdisiplin yang ada di FTUI yaitu, Teknik Sistem Energi dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memahami inovasi dalam modernisasi pendidikan teknik dan mengeksplorasi laboratorium pendidikan terintegrasi, khususnya i-CELL FTUI.

Dalam sambutannya, Prof. Mahmud mengatakan, ”Kunjungan ini tidak hanya sebagai bentuk pertukaran pengalaman antarlembaga pendidikan tinggi, tetapi juga sebagai langkah awal untuk membangun potensi kerja sama lebih lanjut. Kolaborasi dalam bidang-bidang seperti Teknik Energi Sistem dan PWK diharapkan dapat membuka pintu untuk proyek bersama, penelitian, dan pertukaran mahasiswa antara kedua universitas.”

“Kunjungan kami ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia bertujuan utama untuk mendalami dan memahami secara lebih mendalam tiga unit baru FTUI. Kami percaya kolaborasi antar universitas dalam aspek ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan bahkan potensi proyek bersama di masa depan. Kami berharap harapan kunjungan ini dapat memperkaya perspektif dan praktik pendidikan di Universitas Udayana,” kata Prof. I Nyoman Budiarsa.

Prof. Heri Hermansyah menyampaikan, “Kami berkomitmen untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam mengembangkan inovasi pendidikan keteknikan. Lebih dari itu, kami melihat kunjungan ini sebagai peluang untuk memperkuat kerja sama pendidikan dan penelitian antara kedua universitas. Kolaborasi ini tidak hanya akan membawa manfaat yang unggul, tetapi juga memberikan dampak positif dalam menghadapi tantangan dan memajukan dunia pendidikan teknik di Indonesia.”

Dengan semangat kolaborasi ini, Fakultas Teknik Universitas Udayana dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia berharap dapat saling menginspirasi dan memajukan dunia pendidikan dan penelitian teknik di Indonesia.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X