id
id

FTUI Terus Jaga Mutu Akademik Melalui Audit Internal ISO 9001:2015

Guna memastikan kualitas akademik, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengambil langkah dengan menyelenggarakan Pekan Audit Internal ISO 9001:2015. Pembukaan pekan audit ini berlangsung di ruang Senat, Gedung Dekanat FTUI pada tanggal 1 November 2023.

Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc., yang menjabat sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik FTUI, mengungkapkan, “Tujuan utama dari pekan audit ini adalah memastikan bahwa sistem manajemen mutu FTUI telah sesuai dengan persyaratan standar ISO 9001:2015 maupun sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh FTUI. Audit internal juga bertujuan untuk memastikan penerapan dan pemeliharaan sistem manajemen mutu berjalan secara efektif. Selain itu, hasil dari audit ini diharapkan memberikan masukan untuk terus meningkatkan penerapan sistem manajemen mutu di FTUI.”

Lingkup audit internal ini meliputi proses layanan administrasi akademik dan mahasiswa serta proses-proses pendukungnya pada 7 Departemen dan 9 Unit di lingkungan FTUI. Selama dua hari, mulai dari 1 hingga 2 November 2023, para auditor menjalankan tugas yang melibatkan pelaporan, penulisan laporan, dan penyerahan laporan hasil audit.

“Hasil audit ini akan menjadi panduan bagi FTUI dalam melakukan perbaikan-perbaikan agar FTUI dapat terus berkembang sebagai pusat pendidikan unggul. Setiap masukan dan rekomendasi dari audit ini akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi untuk terus memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa FTUI. Dengan kerjasama semua pihak, saya yakin FTUI akan semakin mengukuhkan posisinya sebagai kampus Teknik terbaik di Indonesia,” tutur Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.

Setelah audit internal dirampungkan, tahapan selanjutnya adalah perbaikan atas temuan-temuan yang muncul selama proses audit berlangsung. Temuan-temuan ini nantinya akan kembali diulas pada rapat tinjauan manajemen untuk merencanakan langkah-langkah perbaikan yang konkret. Terlaksananya pekan audit internal ini diharapkan dapat menjadi persiapan sebelum berlangsungnya audit eksternal pada awal bulan Desember sehingga FTUI tetap dapat mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X