id
id

Unit Modernisasi – Kantor Internasional FTUI Laksanakan Konsinyering Kelas Khusus Internasional (KKI)

Pada tangga 29-30 Januari 2024, Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan rapat konsinyering kelas Khusus Internasional (KKI), bertempat di The Alana Hotel & Conference Center – Sentul City.  Acara konsinyering ini bertujuan untuk evaluasi penyelenggaraan dan rencana pengembangan program S1 KKI FTUI.

Dalam sambutannya Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. menekankan pentingnya evaluasi Program KKI, untuk mengetahui pencapaian dan perkembangan akademik mahasiswa S1 KKI serta sebagai bentuk upaya FTUI untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan KKI.

Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI, Prof Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. juga menyampaikan, “Kami terus berupaya meningkatkan kualitas kurikulum dan kualitas pengajar untuk terciptannya program KKI maupun lulusan yang dapat bersaing di kancah Internasional. Selain itu, tahun ini kami berencana untuk menambah daftar mitra baru untuk kerjasama Double Degree sebagai upaya menarik lebih banyak minat calon mahasiswa baru.”

Hal senada turut disampaikan oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., ”FTUI terus berkomitmen untuk memajukan standar pendidikan internasional di lingkungan FTUI. Perbaikan-perbaikan secara akademis maupun pelayanan terhadap mahasiswa KKI menjadi perhatian kita bersama. Konsinyering kali ini semoga dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi saat menjalankan program ini, bagaimana mengatasinya dan memperbaikinya sehingga program kita dapat berkembang dan lebih baik secara kualitas maupun kuantitas.”

Konsinyering ini menjadi kesempatan, Unit Modernisasi – Kantor Internasional FTUI memaparkan data akademik mahasiswa SI KKI serta berdiskusi dengan peserta konsinyering terkait Isu-isu permasalahan mahasiswa S1 KKI, Kuota dan kriteria mahasiswa Double Degree pada setiap universitas mitra, dan strategi promosi S1 KKI dan S2/S3 Double Degree serta pemaparan struktur kurikulum Double Degree S1 KKI dan presentase kelulusan mahasiswa Double Degree S1 KKI oleh masing-masing prodi.

Konsinyering KKI di hadiri oleh Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc. Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, serta para ketua dan sekretaris departemen FTUI.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X