id
id

Evaluasi Kerja Sama Program Magister antara FTUI dan PT Sucofindo: Tinjauan Kinerja Mahasiswa

Pada Selasa (27/02) Fakultas Teknik Univesitas Indonesia (FTUI) bersama PT Sucofindo melaksanakan rapat Monitoring dan Evaluasi (monev) capaian kerja sama dalam bidang pendidikan di Ruang Dewan Guru Besar, Gedung Dekanat FTUI.

Kegiatan ini dilakukan sebagai ajang melihat perkembangan aktivitas perkuliahan dan capaian akademik para pegawai PT Sucofindo yang menempuh pendidikan di Program Magister Teknik Lingkungan FTUI. Sebelumnya, FTUI dan PT Sucofindo telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait Program Pendidikan Magister jalur Kelas Kerja Sama dalam upaya meningkatkan kompetensi para pegawai PT Sucofindo dalam pengembangan pengelolaan lingkungan.

Kelas Kerja Sama PT Sucofindo dan FTUI ini diikuti oleh dua pegawai PT Sucofindo pada program Magister Teknik Lingkungan. Mereka dipersiapkan untuk dapat menjadi lulusan yang mampu mengembangkan sistem pengelolaan limbah guna menghasilkan energi berkelanjutan.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. menyampaikan, “Kerja sama antara FTUI dan PT Sucofindo dalam program magister merupakan langkah yang penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Evaluasi ini menjadi landasan untuk memastikan kualitas program dan kinerja mahasiswa. Kami berharap kerja sama ini terus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kompetensi mahasiswa serta peningkatan mutu pendidikan di FTUI.”

Dalam sambutan Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Sumber Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FTUI menyampaikan “Kesempatan ini dapat digunakan untuk saling mendengar atas capaian dan mengevaluasi kerja sama yang ada. Tentunya, dengan dilakukannya monitoring dan evaluasi ini, kami harap dapat mengetahui dan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi mahasiwa selama menjalankan program kerja sama pendidikan ini. Selain itu, kami juga berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat membantu PT Sucofindo mengembangkan SDM yang memiliki kapabilitas unggul ”

Setelah sambutan, masing-masing Dr. Sandyanto Adityosulindro, S.T., M.T., M.Sc., dosen Teknik Lingkungan FTUI, memberikan hasil monitoring dan evaluasi terkait capaian dan apa yang perlu dievaluasi bersama. Kemudian, PT Sucofindo pun melakukan hal yang sama dengan memberikan hasil monitoring dan evaluasi versi mereka.

Ibu Lusi selaku Human Resources PT Sucofindo memberikan respons baiknya atas apa yang telah diberikan FTUI dalam mendidik para pegawai PT Sucofindo, “Kami sangat bangga mendengarkan hasil perkuliahan pegawai kami. Sebelum berkuliah, kami sudah meminta para pegawai kami membuat rencana tesis yang memberikan impact to business. Rencana tersebut telah dipresentasikan kepada Vice President. Kami berharap dalam penyusunan tesis nanti, pegawai kami tidak mengalamai kendala berarti karena pegawai kami telah mempersiapkan sebelum perkuliahan”.

Dari evaluasi dan pelaporan capaian aktivitas belajar mahasiswa dari PT Sucofindo, dapat ditarik garis kesimpulan bahwa program pendidikan kerja sama ini berjalan dengan baik. Para karyasiswa mendapat nilai yang memuaskan pada semester gasal Tahun Ajaran 2023/2024.

Dr.-Ing. Ir.Dalhar Susanto selaku Manajer Kerja Sama, Ventura, dan Alumni, menyampaikan, “Kami berharap hasil yang memuaskan ini berlanjut hingga semester berikutnya. Kami akan mendorong mahasiswa untuk tetap giat dalam perkuliahan, juga dalam persiapan penulisan tesis”.

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak FTUI, yaitu Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Sumber Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FTUI, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Pendidikan, Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerja Sama, Ventura dan Alumni, Dr. Sandyanto Adityosulindro, S.T., M.T., M.Sc., dosen Teknik Lingkungan FTUI, dan dari PT Sucofindo, yaitu Ibu Lusi dan Bapak Noval, Human Resoruces Departemen PT Sucofindo.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X