id
id

Doktor FTUI Kembangkan Metode Kendali Helikopter Tanpa Awak

Merancang pengontrol penerbangan untuk Unmanned Aerial Vehicles (UAV) merupakan tantangan besar bagi engineer karena mempunyai kompleksitas dan dinamika nonlinier. Model helicopter merupakan platform yang populer untuk unmanned aerial vehicles (UAV) dalam kedua bidang akademik dan militer. Kemampuan helicopter untuk lepas landas dan mendarat secara vertical, mendarat, hover, dan jelajah dengan kecepatan rendah, membuat helicopter berguna untuk aplikasi penelitian yang luas. Helicopter dapat digunakan untuk pertanian, misi pencarian dan penyelamatan (SAR), pemantauan lalu lintas, pemeriksaan jembatan atau saluran listrik, dan pengawasan wilayah yang lebih luas, dan sebagainya.

Dr. Herwin Suprijono mempertahankan disertasinya yang berjudul “Identifikasi dan Kendali Helicopter Tanpa Awak Berbasis Algoritma Neural Network“ dalam Sidang Promosi Doktor FTUI yang diselenggarakan pada hari Senin, 9 Januari 2017. Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. Eng. Benyamin Kusumoputro, M.Eng, dengan Ko-Promotor, Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng, Dewan Penguji terdiri dari Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo, DEA; Dr. Ir. Wahidin Wahab, M.Sc; Dr. Ir. Aries Subiantoro, M.Sc; Dr. Abdul Halim, M.Eng; dan Dr. Ir. Danny Mokhammad Gandana, M.Sc.

Pada saat ini telah dikembangkan kendali helicopter tanpa awak dengan berbagai arsitektur kontrol dan algoritma yang berbeda. Sistem kendali untuk helicopter berawak yaitu kendali pada attitude atau kontrol ketinggian. Selain itu juga dikembangkan sistem kendali yang mencakup kecepatan atau kontrol posisi, kontrol 3D dengan lintasan pelacakan. Dalam hal ini masalah kendali penerbangan helicopter tanpa awak (RUAV) menjadi tantangan yang menarik untuk para peneliti untuk mengembangkan kendali dan menguji metodologi desain kontrol yang baru.

Pengendali penerbangan RUAV dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori utama, yaitu: (1) metode pengendalian berbasis belajar (learning base), (2) kontrol penerbangan linear system, dan (3) model berbasis pengendali nonlinear. (Humas FT)

X