id
id

DTK FTUI Pamerkan 36 Produk Hasil Rancangan Mahasiswa Teknik Kimia dan Teknik Bioproses

Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTK FTUI) menyelenggarakan Pameran Produk hasil rancangan mahasiswa program studi Teknik Kimia dan Teknik Bioproses yang bertempat di Lobby Gedung K, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (07/06/2022). Pameran ini merupakan bentuk ujian akhir semester dari mata kuliah Perancangan Produk yang wajib diambil oleh mahasiswa di Semester VI perkuliahan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk memperkenalkan purwarupa produk yang telah mereka rancang. 36 produk hasil rancangan mahasiswa dari kedua program studi tersebut ditampilkan pada pameran kali ini.

Kegiatan pameran ini dibuka oleh Ketua Departemen, Dr. Bambang Heru Susanto, ST, MT. Pameran diinisiasi oleh Tim Dosen Mata Kuliah Perancangan Produk yang terdiri dari Prof. Misri Gozan, Dr. Dewi Tristantini, Dr. Yuswan Muharam, Dr. Rahma Muthia, dan Dr. Ibnu Maulana H. Selain para dosen pengampu, pameran produk rancangan mahasiswa ini juga dihadiri oleh dosen tamu dari Bolu Abant Izzet Baysal University, Assoc. Prof. Dr. Turgay Pekdemi, yang memiliki pengalaman sebagai praktisi industri di beberapa negara seperti Inggris, Jepang, dan Swiss. Tidak hanya itu, beberapa praktisi dengan latar belakang industri produk kimia dan biokimia (sebagian besar merupakan alumni DTK UI) juga diundang dalam kegiatan ini dan bertindak sebagai penguji.

“Selama perkuliahan Perancangan Produk berlangsung, mahasiswa ditempa untuk mampu menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari beberapa mata kuliah sebelumnya untuk diaplikasikan pada perancangan produk kimia dan hayati dengan koheren. Sebelum pameran ini digelar, setiap kelompok telah melewati serangkaian penugasan terkait dengan tahapan perancangan suatu produk yang meliputi penelusuran Needs, Ideas, Selection and Manufacture, Supply Chain, HSE, dan Economic Feasibility. Di samping itu, mahasiswa juga didorong untuk berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama dalam sebuah tim untuk memecahkan masalah terkait suatu produk yang akan dibuat,” kata Dr. Bambang Heru.

Pameran berlangsung dengan sangat meriah. Pengunjung dan penguji terlihat antusias untuk mengetahui lebih jauh terkait prototip produk yang ditampilkan di stand-stand pameran yang mereka kunjungi. Di akhir pameran, seluruh penguji mengumpulkan dan membahas hasil evaluasi produk dari tiap kelompok bersama-sama dengan dosen pengampu.

“Kami di tim dosen pengampu Mata Kuliah Perancangan Produk dan juga para penguji tamu merasa puas dan bangga dengan capaian pembelajaran (CPL) dari setiap kelompok yang tampil dan memberikan pujian pada beberapa kelompok yang telah melampaui ekspektasi penguji. Kritik dan saran dari penguji telah diterima dan menjadi catatan khusus bagi tim kami untuk perbaikan di tahun mendatang,” kata Prof. Misri Gozan.

Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong mahasiwa untuk menerapkan ilmu rancang produk yang telah mereka terima selama satu semester dalam industri. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat terstimulasi untuk melakukan kegiatan wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) sesuai dengan ilmu yang mereka terima dalam mata kuliah perancangan produk.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X