Fakultas Teknik Universitas Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai the Most Sustainable Faculty di lingkungan Universitas Indonesia pada penghargaan UI GreenMetric 2020 Faculty Ranking. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa FT UI merupakan fakultas dengan komitmen pengelolaan lingkungan hidup terbaik di dalam Universitas Indonesia selama tiga tahun berturut-turut (2018-2020).

Pengumuman dilakukan secara daring, pada Senin, 21 Desember 2020, yang diumumkan langsung oleh Ketua UI GreenMetric World University Rankings, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM, serta disaksikan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., MA., Ph. D, Ketua Senat Akademik UI, Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, MSc., MPHil., Ph.D, Ketua Dewan Guru Besar UI, Prof. Dr. Harkristuti Hernowo, SH., MA, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas Indonesia, serta para Dekan, Direktur Sekolah/Direktur program Pendidikan Vokasi.

Pada sambutannya, Rektor UI menyampaikan, “Untuk mewujudkan kampus berkelanjutan dan pencapaian 17 tujuan SDG’s di tingkat nasional maupun di dalam kampus, UI memerlukan dukungan dan sinergi dari seluruh fakultas/sekolah/program pendidikan vokasi. Pemeringkatan ini bukan sebagai ajang berkompetisi melainkan sebagai upaya apresiasi serta evaluasi untuk menjadi jauh lebih baik. Tahun ini, kami berbangga hati melihat kemajuan capaian skor masing-masing fakultas/sekolah/program pendidikan Vokasi sudah melampaui KPI yaitu di atas skor 5.000.”

Selain pemeringkatan, UI juga memberikan penghargaan atas capaian fakultas/ sekolah/ program pendidikan vokasi terbaik per indikator. Fakultas Teknik UI meraih penghargaan pada Pengelolaan Limbah Terbaik 2020 di UI dan Penghargaan pada indikator Pengelolaan Air Terbaik 2020 di UI.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric World University Rankings semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

FacebookTwitter
X