id
id

FTUI dan Southwest Jiatong University Jalin Kerja Sama Pendidikan Terkait Kereta Cepat

Fakultas Teknik Universitas Indonesia menerima kunjungan Southwest Jiaotong University (SWJTU) dalam rangka penjajakan kerja sama dalam bidang teknik transportasi dan kereta cepat. Kunjungan tersebut di lakukan Rabu, 10 Mei 2023, bertempat di Ruang Rapat Senat lantai 2, Gedung Dekanat FTUI Depok.

Dalam diskusi dibahas kemungkinan kerja sama antara Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Southwest Jiaotong University (SWJTU) dalam bidang teknik transportasi dan kereta cepat. Hal ini merupakan langkah yang positif bagi kedua belah pihak. FTUI menyambut baik kerjasama ini dan berharap dapat memperluas pengetahuan dan pengalaman di bidang transportasi kereta cepat.

Tianyou Railway Institute, sebagai bagian dari Southwest Jiaotong University, memiliki peran penting dalam internasionalisasi pendidikan di bidang transportasi rel dan ingin menjalin kerjasama dengan FTUI. FTUI memiliki minat besar untuk mendirikan program studi khusus di bidang kereta cepat, tetapi keterbatasan sumber daya menjadi hambatan. Oleh karena itu, kolaborasi dengan pihak lain sangat diperlukan.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., memberikan respon positif terhadap kerjasama ini. ”FTUI terbuka untuk menjalin kerjasama baik dalam penelitian maupun pendidikan dengan Southwest Jiaotong University. Semoga kedepannya kita dapat sepakat untuk mengembangkan program double degree untuk tingkat sarjana, magister, dan doktor.”

”Saat ini FTUI belum memiliki program studi spesialisasi transportasi kereta api. Diharapkan Southwest Jiaotong University dapat memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan untuk para pengajar dalam program kereta cepat. Hal ini akan membantu FTUI dalam menjalankan program double degree di bidang tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak, baik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang transportasi kereta cepat maupun dalam pertukaran akademik antara mahasiswa dan dosen,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Southwest Jiaotong University diwakili oleh Li Hai (Vice Dean, School of International Education SWJTU), Xin Ling (Director, General Office, Tianyou Railway Institute SWJTU), Yang An Wen (Vice Dean, School of Foreign Language, SWJTU), Chen Hong Zhang (Chief, Section of Academic Affairs Office, SWJTU), Zen Ye (Vice Director, International Student Office, Office of International Cooperation and Exchanges, SWJTU) dan Xu Ying (Program Coordinator, School of International Education, SWJTU).

Rombongan Southwest Jiaotong University disambut oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., Manajer Pendidikan Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Dr.-Ing. Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni Ir. Dalhar Susanto, Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. Pendidikan Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan dan Ketua Program Studi Magister Teknik Sistem Energi Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Ketua Departemen Teknik Sipil Ayomi Dita Rarasati, S.T., M.T., Ph.D., Ketua Departemen Teknik Mesin Dr. Agus Sunjarianto Pamitran, ST., M.Eng., Ketua Departemen Teknik Metalurgi dan Material Dr. Deni Ferdian, S.T., M.Sc., Dosen Departemen Teknik Sipil Ir. R. Jachrizal Sumabrata, M.Sc (Eng)., Ph.D.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X