id
id

Penjajagan Kerjasama Tridarma FTUI dengan MPR

Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo bertemu Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Prof. Dr. Heri Hermansyah (23/6) untuk menjajaki kerjasama MPR RI dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), khususnya dalam bidang pendidikan, riset, dan berbagai pengembangan lainnya. Di bidang pendidikan, misalnya, FTUI memberikan kesempatan kepada para anggota MPR RI dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR RI untuk mengambil pendidikan Magister, sekaligus membuka kesempatan kepada berbagai kalangan di MPR RI untuk mengambil program profesi insinyur.

Bambang Soesatyo juga menyampaikan dukuangannya agar UI dan FTUI konsisten melakukan riset di bidang pengembangan kendaraan listrik. “MPR RI mendukung FT UI untuk tetap konsisten melakukan riset di bidang pengembangan kendaraan listrik. Mulai dari desain model kendaraan, sistem penggerak (motor listrik), sistem pendingin (air conditioning), hingga kepada komponen baterai listrik. Sebagai bentuk dukungan MPR RI agar kedaulatan bangsa di bidang otomotif tetap terjaga, sehingga kita tidak perlu bergantung kepada impor untuk memenuhi berbagai kebutuhan kendaraan listrik dari hulu hingga hilir,” kata Bamsoet.

Pada pertemuan tersebut, Dekan Heri menjelaskan para peneliti yang tergabung dalam Pusat Riset Kendaraan Mutakhir (Research Center for Advanced Vehicle/RCAVe) Fakultas Teknik UI sejak tahun 2014 mulai melakukan konversi kendaraan listrik perkotaan. Hasilnya pada 10 Juni 2022 lalu, UI telah menyerahkan secara simbolis bus listrik garapannya kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X