FTUI merupakan salah satu fakultas yang telah banyak mencetak berbagai penelitian. Penelitian-penelitian tersebut telah masuk ke berbagai jurnal penelitian dan konferensi baik nasional maupun internasional. Namun berbagai inovasi tersebut masih jarang direalisasikan dalam skala besar atau masuk ke skala industri. Inkubator Bisnis FTUI bertujuan untuk mengembangkan hasil riset perguruan tinggi di bidang engineering menjadi prototipe yang layak dipasarkan secara nasional maupun internasional. Badan ini memberikan kesempatan bagi para innovator untuk menciptakan prototipe yang memenuhi standar baik secara engineering, ekonomi maupun lingkungan.

Inkubator Bisnis FTUI memposisikan diri sebagai Technology Transfer Office (TTO) yang merupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengindentifikasi riset yang memiliki potensi untuk komersialisasi dan strategi untuk mengembangkannya. Inkubator Bisnis FTUI akan membantu mengawal ide, rancangan dan pekerjaan-pekerjaan perguruan tinggi yang dilakukan melalui proses riset, konstruksi dan produksi untuk dijadikan prototipe yang layak dipasarkan.

Pada tahun 2016, Inkubator Bisnis FTUI memiliki target untuk dapat menyelesaikan minimal dua prototipe yang memenuhi standar (kualitas keteknikan, ekonomi dan lingkungan) dan layak dipasarkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, FTUI mengalokasikan dana sebesar Rp. 500.000.000,- untuk Hibah Inkubasi FTUI. Hibah yang dikelola di bawah Inkubator Bisnis FTUI ini ditujukan untuk penyempurnaan prototipe hasil riset dari staf pengajar Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan penyertaan model dan rencana bisnis. Selanjutnya, prototipe yang telah disempurnakan diharapkan dapat dikembangkan melalui investasi dari pihak luar sehingga proses hilirisasi produk penelitian dapat terjadi. FTUI dan Inkubator Bisnis akan mendampingi proses pencarian investor maupun hilirisasi tersebut.

Untuk memperoleh proposal pengajuan hibah yang maksimal dari masing-masing peneliti FTUI, maka perlu diadakan Seminar Inkubasi Bisnis dan Sosialisasi Hibah Inkubasi FTUI. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Mei 2016 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Acara dibuka oleh Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi, DEA. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menciptakan iklim penelitian dan inovasi yang produktif dan tepat guna di FTUI. Untuk mencapai hal tersebut, maka diundanglah beberapa peneliti dan praktisi untuk memaparkan beberapa hal diantaranya, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M.Eng dari Departemen Teknik Kimia FTUI yang memaparkan tentang Peluang dan Tantangan dan Inkubasi Bisnis di Indonesia; Ir. Dadang Syamsul Munir, MM dari PT. Bogor Life Science and Technology (Holding Company IPB) yang memaparkan tentang Hilirisasi Produk Penelitian di IPB; Dr. Djoni Hartono, S.SI., ME, Ketua Direktorat Inovasi dan Ikubasi Bisnis UI yang memaparkan tentang berbagai macam cara dan hibah yang tersedia untuk memfasilitasi hilirisasi teknologi serta Prof. Dr. Ir. Budiarso, M.Eng, Ketua Inkubator Bisnis FTUI dan Dewi Meisari, SE., M.Sc dari LPEM FEBUI yang memaparkan tentang ajakan kepada para peneliti di lingkungan FTUI untuk mengarahkan produk penelitian ke aspek kebermanfaatan yang dapat diserap pasar serta memaparkan rencana hibah inkubasi FTUI. (Inkubator Bisnis FTUI)

FacebookTwitter
X