id
id

FTUI Sambut Mahasiswa Program Profesi Insinyur Angkatan ke-8 Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Program Profesi Insinyur (PPI) FTUI yang lahir pada tahun 2018 bertujuan untuk melahirkan insinyur yang memiliki kompetensi dan dapat bersaing dengan insinyur dari negara lain di dunia. Pada Sabtu, (29/1) Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyambut mahasiwa baru untuk Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022.

Dekan FTUI, Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyambut hangat para mahasiswa baru Program Profesi Insinyur. “Semester ini, PPI FTUI menerima sebelas mahasiswa baru angkatan kedepalan. Pada semester Gasal 2021/2022 sebelumnya, PPI telah terlebih dahulu menerima 25 mahasiswa baru program reguler. Semoga kedepannya, jumlah mahasiswa program profesi ini terus meningkat.”

“Selamat bergabung di PPI. Semoga pembelajaran selama setahun ini dan bisa menunjang karier anda ke depan menjadi lebih sukses dengan adanya gelar insinyur yang akan didapat. Selama perkuliahan dua semester kedepan, anda akan mendapatkan 30% materi di kelas dan 70% pembelajaran berupa praktik keinsinyuran kerja lapangan di industri. Sukses selalu!” kata Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA., Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan dan Ketua Graduate Program Interdisiplin FTUI.

Prof. Dr. Ir. Fitri Yuli Zulkifli, St., Msc., IPU., Ketua Program Studi PPI FTUI menjelaskan bahwa banyak pihak yang berperan untuk melahirkan insinyur. “PPI FTUI berperan sebagai penyelenggara pendidikan profesi insinyur. Persatuan Insinyur Indonesia berperan sebagai organisasi insinyur yang mendapat mandat untuk berperan aktif dalam proses pengembangan profesi. Pemerintah berperan aktif dalam menciptakan regulasi untuk memperkuat peran strategis di bidang keinsinyuran. Industri sebagai tempat para insinyur mempraktikan ilmu dan memenuhi kebutuhan masyarakat atas jasa di bidang keinsinyuran”.

Pertemuan pertama bagi para mahasiswa PPI angkatan kedelapan semester Genap tahun ini ditutup dengan perkenalan yang hangat. Para mahasiswa memperkenalkan latar belakang pendidikan dan profesi yang sedang dilakukan saat ini. Mahasiswa PPI tersebut sebelumnya mengenyam pendidikan di bidang teknik pada perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Saat ini, mereka juga sedang bekerja pada bidang keteknikan untuk perusahaan milik negara dan swasta. Beragamnya latar belakang mahasiswa tersebut dapat dibagikan pada pembelajaran nanti sebagai studi kasus dan dapat ditemukan solusinya dengan pemahaman teori yang akan didapatkan nantinya di kelas.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X