id
id

FTUI Seminar Series

DSC_0961 2

FTUI kembali mengadakan FTUI Seminar Series pada 3 Agustus 2015, kali ini menghadirkan Prof. Dr. rer. nat. Liselotte Schebek dari Faculty of Civil and Environmental Engineering, Technische Universit├Ąt Darmstadt, Jerman. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Departemen Teknik Sipil, Ir. Widjojo A. Prakoso, M.Sc., Ph.D

Prof. Schebek menyampaikan presentasi tentang Penelitian Audit Keberlanjutan Teknologi. Audit keberlanjutan teknologi digunakan untuk melihat bagaimana efektivitas sebuah teknologi dilihat dari berbagai aspek diantaranya aspek teknologi, masyarakat, serta lingkungan. Untuk menciptakan sebuah pembangunan yang berkelanjutan, hal tersebut berkaitan dengan aspek lingkungan, sosial serta ekonomi sehingga dalam audit keberlanjutan teknologi, sebuah teknologi akan ditinjau dari aspek-aspek tersebut.

Salah satu yang contoh audit keberlanjutan teknologi misalnya adalah bagaimana sebuah daur hidup sebuah teknologi misalnya teknologi biofuel, bagaimana dia diproduksi, bagaimana dengan aspek agrikulturnya, kemudian dibandingkan aspek keekonomiannya dengan bahan bakar minyak (fossil fuel), bagaimana emisi yang dihasilkan, dsb hingga kemudian data-data tersebut dipelajari untuk menjadi bahan audit keberlanjutan teknologi.

Metode audit keberlanjutan teknologi mengindentifikasi dan menghitung aspek pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan prosedur analisis dan aspek berbasis nilai. Metode audit dilaksanakan berdasarkan Ilmu pengetahuan dengan mengaplikasikan metode yang bersih dan transparan dengan memperhatikan dokumen terhadap nilai pilihan tertentu serta kualitas audit.

Audit keberlanjutan berkontribusi dalam mengevaluasi performa dan optimasi potensi dari sebuah teknologi sehingga dapat memberi pandangan yang lebih objektif terhadap para stakeholder dalam memandang/memilih teknologi yang akan dipakai untuk kemaslahatan masyarakat luas. (Humas FT)

X