id
id

Kuliah Tamu FTUI Hadirkan Richard Hanowski, Paparkan Penelitian Terkait Keselamatan Lalu Lintas

Pada Jumat (19/4), Program Studi Teknik Industri Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengadakan kuliah dengan mengundang dosen tamu dari Virginia Tech Transportation Institute, Dr. Richard Hanowski. Beliau memberikan kuliah bertajuk From Big Trucks to Small Motos: New Road Safety Research and Insights. Kuliah yang merupakan kolaborasi dengan Laboratorium Ergonomics Centre UI ini diselenggarakan secara luring di Ruang Nusantara, Gedung Departemen Teknik Industri FTUI pada pukul 10.00 – 11.30 WIB dengan peserta dari mahasiswa mata kuliah Faktor Manusia dalam Sistem Transportasi Pintar.

Mengawali kuliah, Richard menjelaskan tentang Virginia Tech Transportation Institute (VTTI) sebagai lembaga penelitian terbesar di Virginia Tech. VTTI menjadi lembaga penelitian transportasi nomor 1 yang berbasis di AS dalam hal kontrak dan hibah yang diterima. Hasil penelitiannya telah memberi dampak pada kebijakan transportasi, baik secara nasional maupun internasional.

Dalam kuliahnya, Richard menjelaskan terdapat 3 faktor yang menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas pada truk. Faktor pertama yaitu faktor manusia, meliputi pengamatan yang tidak tepat, kecepatan yang berlebihan, kekurangan perhatian, tindakan menghindar yang tidak tepat, dan gangguan internal. Faktor berikutnya adalah lingkungan, meliputi gangguan sudut pandang, jalan licin, gangguan sementara, masalah desain kendaraan, dan pengendalian hambatan. Faktor terakhir merupakan kendaraan, meliputi rem dan ban.

“Kita tahu apa yang menyebabkan kecelakaan, namun apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya? Kabar baiknya, sekarang terdapat beberapa tindakan penanggulangan yang diketahui, termasuk teknologi yang dapat mengatasi kesalahan manusia yang diketahui,” ujar Richard. Teknologi yang dimaksud Richard adalah beberapa alat yang dikembangkan di VTTI, di antaranya driver/on-board monitoring, fatigue detection monitoring, enhanced rear-signaling on trailers, blind-spot detection, dan advanced driver assist systems.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, menekankan pentingnya mendapatkan wawasan dari rekan kolaborator internasional untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang lebih mendalam terkait penelitian yang dikembangkan. ”Saya berharap melalui kuliah ini, mahasiswa dapat mengembangkan sendiri alat-alat penunjang keselamatan berlalu lintas agar tercipta lalu lintas yang aman dan nyaman di negeri ini.”

Dr. Richard Hanowski adalah Founder & CEO dari Motorcycle Safety Solutions, LLC. Beliau juga merupakan ilmuwan riset senior dan menjabat sebagai direktur Divisi Keamanan Pengangkutan, Transit, & Kendaraan Berat di VTTI. Pengalamannya meliputi transportasi faktor manusia dengan kendaraan berat & ringan, pengujian laboratorium & lapangan, simulasi, pengembangan & pengujian sistem canggih, mengemudi naturalistik, pengembangan pedoman desain, dan evaluasi kinerja manusia. Penelitiannya berdampak pada kebijakan transportasi nasional termasuk kelelahan/jam kerja pengemudi truk dan gangguan pengemudi/SMS. Ia telah menerima sejumlah penghargaan atas penelitiannya termasuk penghargaan L. Ray Buckendale Lecture dari SAE International pada tahun 2011. Dr. Hanowski menerima gelar Ph.D. di bidang Teknik Industri dan Sistem pada tahun 2000 dari Virginia Tech.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X